(Tiket.com Kejurnas PBSI 2018) Tundukkan Juara Bertahan, PB Mutiara ke Final

12/21/2018
Oleh

 

 

 

(Jakarta, 21/12/2018)

PB Mutiara Cardinal Bandung memupuskan harapan PB Djarum untuk mempertahankan gelar juara beregu campuran di ajang Tiket.com Kejurnas PBSI 2018. Di babak semifinal, PB Mutiara Cardinal Bandung menghentikan perlawanan tim unggulan kedua tersebut dengan skor 3-1.

 

Kemenangan PB Mutiara Cardinal Bandung ditentukan oleh pasangan ganda putri Yulfira Barkah/Maretha Dea Giovani yang mengalahkan pasangan Debby Susanto/Rosyita Eka Putri Sari, dalam dua game langsung, dengan skor 21-15, 21-16.

 

Yulfira/Dea mengaku tak menyangka timnya bisa lolos ke laga puncak dan mengalahkan PB Djarum yang memiliki kekuatan hampir merata di setiap nomor.

 

"Target kami adalah semifinal, kami tidak menyangkan akan hasil hari ini, kami bisa mengalahkan PB Djarum yang merupakan tim kuat dan juara bertahan. Kami main nothing to lose dan lumayan percaya diri karena tim kami sudah unggul. Kami merasa harus memenangkan pertandingan ini karena kami tahu peluang tim kami di partai kelima cukup berat," ujar Yulfira setelah pertandingan.

 

Jika pertandingan berakhir hingga partai kelima, PB Djarum yang menurunkan Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir, memang lebih berpeluang ketimbang PB Mutiara Cardinal Bandung yang menurunkan Ricky Karanda Suwardi/Bunga Fitriani Romadhini.

 

Yulfira/Dea memainkan strategi dengan memaksa Debby untuk bermain di area belakang lapangan, dan membuat Rosyita bermain di depan net. Hal ini membuat Debby/Rosyita menjadi tak nyaman dan membuat Yulfira/Dea semakin mudah untuk melancarkan serangan ke pertahanan Debby/Rosyita.

 

"Walaupun cik Debby bukan pemain ganda putri, tapi kami merasa peluang di pertandingan tadi tetap 50-50. Cik Debby pemain ganda campuran, jadi tidak mudah 'mematikan' dia, tidak bisa di-smash langsung 'mati'. tutur Dea.

 

"Strategi kami adalah mengacaukan rotasi mereka, kami sengaja membuat cik Debby ke belakang dan Rosyita ke depan. Kami merasa juga kalau lawan tegang, mungkin karena tim PB Djarum sedang ketinggalan. Sedangkan saya pemain klub dan Yulfira pemain muda, jadi kami main tanpa beban," kata Dea.

 

Setelah berhasil menumbangkan unggulan kedua, PB Mutiara Cardinal Bandung akan menantang unggulan pertama, PB Jaya Raya, di babak final. Partai ini merupakan ulangan babak penyisihan grup A, kala itu PB Jaya Raya mengalahkan PB Mutiara Cardinal Bandung dengan skor 4-1. Satu-satunya kemenangan yang diraih PB Mutiara Cardinal Bandung adalah nomor tunggal putri yang diwakili Gregoria Mariska Tunjung. (*)

 

 

Foto & Video Terbaru